Halaman

Minggu, 02 Oktober 2011

Tools for Network

1. SWATCH 






Swatch adalah tools untuk memonitor log file. Log file sangat berguna untuk troubleshooting masalah.  
Mereka bahkan lebih berguna, untuk mencegah masalah atau trouble.  File log dapat menunjukkan program 
yang mengalami kesalahan, kekurangan ruang disk, penambahan pengguna atau user, dan upaya yang ilegal untuk masuk ke sistem. Kebanyakan sistem otomatis informasi log hanya untuk administrator. Administrator yang, bagaimanapun, masih perlu melihat file log dan mengevaluasi isi dan cara membaca yang entri log. 


#sudo apt-get install swatch


2. TCPDUMP



Tcpdump adalah program kecil di linux yang biasanya dipakai untuk menangkap packet packet yang dikirimkan dalam jaringan.Tools ini efektif untuk mencari informasi semisal port yang digunakan virus/worm untuk menyebar dan menyerang jaringan. Jadi semisal ada computer client yang kita curigai terjangkit trojan ato malware, kita bisa gali informasi ttg arus paket yang keluar masuk dengan program ini. Setidaknya dengan mengetahui portnya kita bisa lakukan pemblokiran terhadap port tersebut agar dampaknya tidak merugikan komputer client lainnya.

Tools ini mengizinkan anda untuk melakukan dumping terhadap lalu lintas jaringan kompute. TCPDump juga dapat digunakan untuk menguji IPv4, ICMPv4, IPv6, ICMPv6, UDP, TCP, SNMP, AFS BGP, RIP, PIM, DVMRP, IGMP, SMB, OSPF, NFS, dan banyak tipe paket data di jaringan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan tools ini untuk melakukan track down masalah network, mendeteksi “Ping Attacks”, dan memonitor kegiatan network.
#sudo apt-get install tcpdump.
3. ETHERMAN


Etherman adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. 
#sudo apt-get install etherape
  
4. NMAP


Nmap adalah tools pemetaan jaringan (network) terbaik yang pernah ada sejauh ini. Panggunaannya yang praktis, konfigurasi yang mudah, dan kehandalannya dalam memetakan jaringan komputer di manapun. Dengan Nmap, anda dapat mengetahui komputer-komputer (hosts) apa saja yang sedang terhubung dalam sebuah jaringan, apa service (aplikasi) yang sedang dijalankan komputer itu (host), apa sistem operasi komputer yang dipakai, apa tipe firewall yang digunakan, dan karakteristik lainnya dari komputer.
 
Nmap atau Network Mapper juga berfungsi untuk melakukan port scanning. Nmap dibuat oleh Gordon Lyon, atau lebih dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich. Aplikasi ini digunakan untuk meng-audit jaringan yang ada. Dengan menggunakan tool ini, kita dapat melihat host yang aktif, port yang terbuka, Sistem Operasi yangdigunakan, dan feature-feature scanning lainnya. 


   #sudo apt-get install swatch



REFERENSI
 

0 komentar:

Posting Komentar